Selasa, 15 Februari 2011

Karya Tulis Ilmiah tentang Lunturnya Kedisiplinan Siswa


LUNTURNYA KEDISIPLINAN SISWA SMP NEGERI 20 MALANG

Disusun  untuk Melengkapi Tugas Bahasa Indonesia Sebagai Syarat Mengikuti Ujian Nasional












Oleh :
                                    Kelompok 6/9H
1.      Mohammad Hamzah A.L (02)
2.   Mohamad Ismail R.           (04)
3.   Agatha Frelyan S.              (17)
4.   Dwi Widiana S.                  (31)
5.   Erisa Nilawati                     (34)




SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 MALANG
Jalan Raden Tumenggung Suryo No.38 Telp.(0341)-491806
Tahun Pelajaran 2010-2011



LEMBAR PENGESAHAN

Karya tulis yang berjudul “Lunturnya Kedisiplinan Siswa SMP Negeri 20 Malang “ ini telah disetujui pada tanggal 3 Januari 2011





Disetujui oleh :


Kepala SMP Negeri 20 Malang,                                 Guru Bahasa Indonesia,


Drs.H.Waris Santosa, M.Pd.                                 Dra.Rubiati.
NIP:19560915 198312 1 001                                 NIP:19680911 199512 2 005












LEMBAR MOTTO



“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya
yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu”
(Al Baqarah:45)
Hidup hanya sekali jadikanlah lebih  berarti bagi diri dengan hiasan
prestasi (Peneliti)












KATA PENGANTAR

           
Puji syukur ke hadirat Allah  SWT atas segala nikmat dan karunia-Nya yang telah dilimpahkan kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul ”Lunturnya Kedisiplinan Siswa SMP Negeri 20 Malang” ini dengan baik.
            Disiplin adalah ketaatan ( kepatuhan ) kepada peraturan atau norma . Sedangkan pengertian siswa adalah pelajar atau anak yang melakukan aktifitas belajar . Dengan demikian disiplin siswa adalah ketaatan dari siswa kepada aturan tata tertib atau norma di sekolah yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar .
Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu dalam penyusunan karya tulis ini,di antaranya:
  1. Kepala SMP Negeri 20 Malang, Drs.Waris Santosa, yang telah membantu menyetujui karya tulis ini.
  2. Dra.Rubiati, selaku guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing penulis dalam menyelesaikan karya tulis ini.
  3. Orang tua, yang telah membantu penulis dalam dukungannya secara moril maupun materil.
  4. Teman-teman, yang sudah membantu mengisikan angket dan sudah memberikan cukup informasi .
  5. Dan pihak-pihak lain yang tidak kami sebutkan satu persatu, yang juga telah membantu penulis dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah ini.
Penulis mengambil judul di atas karena ingin mengetahui pentingnya kedisiplinan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang. Karena banyaknya siswa yang melanggar tata tertib, seharusnya para siswa bisa mentaati tata tertib yang telah diberikan pihak sekolah.
Tak ada gading yang retak, kami pun sebagai penulis tak bisa sempurna dalam penyusunan karya tulis ini, penulis masih perlu kritik ataupun saran untuk melengkapi semua pembaca.
Semoga karya tulis ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang membacanya, dan juga dapat bermanfaat bagi penulis.








                                                                                                Malang , 3 Januari 2011

                                                                                                            Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Penulis mengambil judul “ Lunturnya Kedisiplinan siswa SMP Negeri 20 Malang “ karena penulis ingin mengetahui pentingnya kedisiplinan bagi siswa di SMP Negeri 20 Malang, dan mulai lunturnya kedisiplinan itu .
Penulis memilih judul di atas karena banyaknya siswa yang melanggar tata tertib/kedisiplinan. Seharusnya para siswa bisa menaati tata tertib yang telah diberikan, bukan justru melanggar tata tertib yang telah diberikan pihak sekolah. Oleh sebab itu penulis memilih judul diatas, agar dapat mengetahui penyebab para siswa melanggar kedisiplinan itu. Serta dapat menjadikan siswa yang lebih menaati peraturan.  
Karena disiplin bukan hal yang patut diremehkan melainkan harus kita taati semua. Selain itu disiplin juga mempunyai fungsi–fungsi yang penting dalam kehidupan kita sehari–hari. Diantaranya adalah membimbing siswa untuk menuju kesuksesan di masa datang, membangun kepribadian yang baik. Dengan disiplin kita juga bisa terhindar dari pelanggaran–pelanggaran yang berlaku di masyarakat maupun di sekolah. Dengan demikian bahwa kedisiplinan yang berlaku di sekolah sangat diperlukan bagi semua siswa. Karena kedisiplinan berguna sebagai tolak ukur mampu tidaknya seseorang dalam mentaati peraturan yang sangat di perlukan dalam masa mendatang .
Sehingga dapat menjadi seseorang yang tangguh dan dapat dihandalkan bagi seluruh pihak. Kedisiplinan dalam proses pendidikan sangat diperlukan karena bukan hanya untuk menjaga kondisi suasana belajar mengajar berjalan dengan lancar, tetapi juga dapat menciptakan kepribadian siswa yang sangat tangguh dan kuat .
Dan semoga dari karya tulis penulis ini bisa memberi motivasi kepada para siswa untuk lebih meningkatkan kedisiplinan mereka lagi .

1.2   Tujuan Pembahasan
1.2.1 Mengetahui makna dari kedisplinan
1.2.2 Mengetahui penyebab banyak siswa yang melanggar tata tertib sekolah
1.2.3 Mengetahui upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengatasi
         lunturnya kedidiplinan siswa                                                                                                 
1.2.4 Mengetahui jenis-jenis pelanggaran.
1.2.5 Mengetahui pelanggaran yang sering dilakukan..
1.2.6 Mengetahui pendapat tentang tata tertib sekolah
1.2.7 Mengetahui pendapat tentang siswa yang sering  melakukan pelanggaran tata
         tertib sekolah.
1.2.8 Mengetahui Manfaat adanya kedisiplinan di SMP Negeri 20 Malang.







1.3  Ruang Lingkup atau Pembatasan Masalah
1.3.1        Mengetahui  makna dari kedisiplinan disekolah
1.3.2        Mengetahui  penyebab banyak siswa yang melanggar tata tertib sekolah
1.3.3        Mengetahui upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah  untuk mengatasi  lunturnysa kedisiplinan siswa.
1.3.4        Mengetahui cara mengatasi lunturnya kedisiplinan siswa SMP Negeri 20 Malang
1.3.5        Mengetahui pendapat  tentang siswa yang sering melakukan pelanggaran tata tertib sekolah.
1.3.6    Mengetahui manfaat adanya kedisiplinan di sekolah SMP Negeri  20 Malang.

1.4.   Rumusan Masalah
1.4.1    Apakah makna dari kedisiplinan disekolah ?
1.4.2    Apakah penyebab banyak siswa yang melanggar  tata tertib sekolah ?
1.4.3    Bagaimanakah upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengatasi
            lunturnya kedisiplinan siswa ?
1.4.4    Bagaimanakah cara mengatasi lunturnya kedisiplinan siswa SMP Negeri 20
           Malang ?
1.4.5    Apa pendapat tentang siswa yang sering melakukan pelanggaran tata tertib
            siswa ?
1.4.6    Apakah manfaat adanya kedisiplinan di SMP Negeri 20 Malang ?


1.5 Anggapan Dasar dan Hipotesis

Pada dasarnya kedisiplinan itu sangat penting, bukan hanya bagi siswa,tetapi juga  bagi seluruh masyarakat, karena kedisiplinan tidak hanya berlaku pada lingkungan saja, tetapi di lingkungan sekolah pun juga perlu diterapkan.
Kedisiplinan itu sendiri sebenarnya  sangat berpengaruh bagi peningkatan prestasi siswa di sekolah, karena dengan disiplin siswa bisa melatih kemandiriannya untuk meraih sukses dimasa yang akan datang. Selain itu disiplin juga membantu siswa untuk mengurangi pelanggaran tata tertib yang berlaku disekolah. Disiplin juga dapat membentuk kepribadian yang teratur,tertib,dan patuh peraturan. Agar tidak ada penyimpangan dan pelanggaran norma.
Disiplin juga membantu orang supaya tidak ada pelanggaran hukum, tidak terjadi kematian akibat tidak disiplin lalu lintas dan tidak ada lagi aliran sesat karena tidak disiplin agama .
Disiplin pada dasarnya sudah diajarkan oleh orang tua dari kita kecil. Hanya saja ketika kita menginjak remaja, kita harus bisa menempatkan dan memanfaatkan kedisiplinan kita.
Dan seharusnya di zaman yang semakin maju ini, sebisa mungkin tetap kita pertahankan, dan kita terapkan kedisplinan semaksimal mungkin. Agar kita tetap menjadi penerus bangsa yang mengerti aturan.


1.6 Sumber Data dan Metode.

1.6.1 Sumber Data.
            1. Internet.

http://www.blogspot.com       (Diakses pada tanggal 5 januari 2011)
http://www.jevuska.com         (Diakses pada tanggal 5 januari 2011)
http://www.goggle.com          (Diakses pada tanggal 5 januari 2011)
http://www.syopian                (Diakses pada tanggal 6 januari 2011)
http://www.digilib.unes.ac.id (Diakses pada tanggal 6 januari 2011)




1.6.2 Metode

1.      Wawancara.
Kami melakukan wawancara dengan siswa kelas 8 yang menjabat sebagi ketua osis di SMP Negeri 20 Malang, yang bernama Ovan , kami melakukan wawancara di kelas 9 H , pada tanggal 7 Januari 2011 .


2.      Penyebaran Angket.
Selain melakukan wawancara, kami juga menyebarkan angket pada kelas 7, 8, dan 9 untuk menambah informasi pada tanggal 19 Desember 2010.



BAB II
ANALISIS DAN PEMBAHASAN

2.1 Makna Kedisiplinan

Disiplin artinya adalah ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan tata tertib, aturan, atau norma, dan lain sebagainya. Sedangkan pengertian siswa adalah pelajar atau anak (orang) yang melakukan aktifitas belajar. Dengan demikian disiplin siswa adalah ketaatan (kepatuhan) dari siswa kepada aturan, tata tertib atau norma di sekolah yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar.
Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukan nilai – nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban.
Kedisiplinan dalam proses pendidikan sangat diperlukan karena bukan hanya untuk menjaga kondisi suasana belajar dan mengajar berjalan dengan lancar, tetapi juga untuk menciptakan pribadi yang kuat bagi setiap siswa.

2.2 Faktor Penyebab lunturnya kedisiplinan.
Ada beberapa faktor yang memperngaruhi kedisiplinan.
·         Diri sendiri.
Kita harus memiliki keinginan dan niat untuk  merubah sikap malas kita menjadi lebih baik lagi dan bisa menerapkan nilai-nilai kedisiplinan. Karena jika kita tidak memiliki keinginan tersebut, kita tidak akan bisa melakukan semua itu.
·         Keluarga
Pihak keluarga dalam penerapan kedisiplinan juga mempunyai peran penting , karena keluarga pun berhak untuk mengawasi anak-anaknya untuk memilih pergaulan. Keluarga juga harus memantau perkembangan ank- anaknya yang sudah mulai beranjak dewasa.
·         Lingkungan
Pergaulan di lingkungan sekitar juga sangat berpengaruh terhadap anak-anak remaja.Apalagi anak-anak yang baru menginjak masa remaja. Masa- masa remaja dapat mebuat kita salah tingkah, karena kita berfikir kita sudah lebih dewasa dari sebelumnya. Serta kita harus berusaha untuk bisa mengembangkan potensi, serta memilih pergaulan yang baik.
·         Teman
Teman juga dapat mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa. Siswa dapat menjadi anak yang baik atau menurut kepada peraturan yang telah di tetapkan dengan bantuan teman- teman yang ada di sekitarnya. Kita sebagai siswa juga harus bisa memilih teman bergaul. Bukan berarti yang kaya dengan yang kaya dan yang miskin dengan yang miskin, namun kita harus bisa memilih teman yang nantinya bisa membawa kita ke jalan yang baik serta tidak mengajak kita melanggar tat tertib yang telah ada.
2.3 Upaya Pihak Sekolah untuk Mengatasinya          
Seperti diketahui, bahwa tata tertib sekolah dapat menciptakan disiplin dan orientasi akademis  warga sekolah pada khususnya, dan  meningkatkan capaian sekolah pada umumnya. Penggunaan tata tertib sekolah diharapkan dapat mengembangkan pola
sikap dan tingkah laku yang lebih disiplin dan produktif dari siswa.
Dengan tata tertib sekolah tersebut, siswa memiliki pedoman dan acuan dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya dalam melaksanakan kebijakan, program, dan kegiatan sekolah. Tata tertib sekolah sangat  penting sebagai aturan yang harus dipatuhi oleh peserta didik. Tata tertib  sekolah apa saja yang harus dibuat itu sudah barang tentu amat ditentukan
oleh kepentingan sekolah.
            Selain tata tertib, sekolah sekolah juga sudah mencoba untuk           menerapkan sikap disiplin kepada siswa melalui nasehat- nasehat dari para         guru bidangg studi, guru wali kelas , dan juga guru pembimbing BK sendiri.            Dengan adanya nasehat dari para guru tersebut, diharapka agar para siswa dapat memahami makna dari disiplin, serta dapat menerapkan dalam   kehidupan sehari- hari.
            Nasehat tersebut bukan hanya berlaku untuk berdisiplin dalam         kegiatan sekolah saja, namun juga sebagai petunjuk agar siswa dapat disipli       dalam melaksanakan perintah agama.
            Semoga nasehat dan tat etrtib yang telah diberikan oleh pihaksekolah          dapat  bermanfaat serta menjadipetunjuk bagi para siswa.Maka dari itu, pihak           sekolah juga akan meningkatkan kedisiplinan yang ada, namun yang tidak       memberatkan  para siswa pada umumnya.
                                         
24 Cara Mengatasi Lunturnya Kedisiplinan
Dalam pelaksanaan disiplin, harus berdasarkand dari dalam diri siswa. Karena tanpa sikap kesadaran dari diri sendiri, maka apapun usaha yang dilakukan oleh orang di sekitarnya hanya akan sia-sia. Berikut ini adalah pelaksanaan kedisiplinan di lingkungan sekolah.
a) Datang ke sekolah tepat waktu;
b)
Rajin belajar;
c)
Mentaati peraturan sekolah;
d)
Mengikuti uapacara dengan tertib;
e)
Mengumpulkan tugas yang diberikan guru tepat waktu
f)
Melakukan tugas piket sesuai jadwalnya;
g)
Memotong rambut jika kelihatan panjang;
h)
Selalu berdoa sebelum memulai pelajaran dan masih banyak lagi.

           

2.5 Pendapat Tentang Siswa yang Sering Melakukan Pelanggaran
            Menurut pendapat beberapa siswa disekolah,kami dapat menyimpulkan beberapa pendapat itu menjadi sedikit penjabaran.Jika banyak sekali siswa-siswa yang melanggar tata tertib sekolah, itu merupakan keinginan dari dalam hati mereka yang mungkin memiliki masalah pribadi dan meluapkan perasaan mereka dengan melakukan hal-hal yang mungkin melanggar tata tertib yang yelah dibuat oleh pihak sekolah.Bisa juga siswa itu memang nekat untuk melakukan pelanggaran,karena mereka ingin mengetahui seperti apa sanksi atau hukuman dari perbuatan mereka tersebut.Mungkin juga ada teman mereka yang sedang menjaili mereka dan berakibat melanggar kedisiplinan tersebut. Bisa juga tata tertib yanga ada dinilai kurang ketat bagi siswa tersebut. Atau  mungkin siswa tersebut  kurang memiliki perhatian dari oarang tuanya di rumah, dan terlalu dikekang oleh orang tuanya .
            Namun sebenarnya perhatian dari orang tua itu sangat di butuhkan bagi para siswa remaja seperti kalangan SMP pada umumnya.
            Karena pada masa – masa inilah remaja membutuhkan perhatian serta kasih            sayang dari orang tua mereka, bukan justru mendapatkan  tekanan dari oarang       tua mereka. Hal tersebut dapat memicu emosi remaja yang masih labil.         Sehingga para remaja tersebut meluapkan emosi mereka dengan melanggar             tata etrtib yang ada.

2.6 Mengetahui Manfaat Adanya Kedisiplinan di SMP Negeri 20 Malang.
Manfaat kedisiplinan adalah membuat siswa menjadi lebih tertib dan teratur dalam menjalankan kehidupannya, serta siswa juga dapat mengerti bahwa kedisiplinan itu amat sangat penting bagi masa depannya kelak, karena dapat membangun kepribadian siswa yang kokoh dan bisa diharapkan berguna bagi semua pihak. Atau mungkin juga dapat menguntungkan pihak- pihak lain yang berada di sekitarnya.
Dengan disiplin , kita juga bisa menjadi pribadi yang lebih penyabar, sopan , santun. Apalagi jika kita sebagi orang islam , disilplin sangat menguntungka, karena dapat memudahkan kita untuk mengikuti aturan- aturan agama.
Kita juga bisa menjadi oarang yang sukses bila terbiasa hidup berdisiplin. Karena ada orang yang mengatakan, bila anda disiplin anda akan menjadi orang yang sukses dan banyak orang yang telah mencobanya.




BAB III
PENUTUP

3.1 Simpulan
Dengan demikian, telah kita simpulkan bahwa disiplin di sekolah itu sangat diperlukan. Karena dalam aplikasinya, kedisiplinan sangat berguna sebagai tolak ukur mampu atau tidaknya seseorang dalam mentaati aturan yang sangat penting bagi stabilitas kegiatan belajar mengajar. Selain itu sikap disiplin sangat diperlukan untuk masa depan bagi pengembangan watak dan pribadi seseorang, sehingga menjadi tangguh dan dapat diandalkan bagi seluruh pihak.
Dengan kata lain, perbuatan siswa selalu berada dalam koridor disiplin dan tata tertib sekolah. Bila demikian, akan tumbuh rasa kedisiplinan siswa untuk selalu mengikuti tiap-tiap peraturan yang berlaku di sekolah. Mematuhi semua peraturan yang berlaku di sekolah merupakan suatu kewajiban bagi setiap siswa.
Masalah kedisiplinan siswa menjadi sangat berarti bagi kemajuan sekolah. Di sekolah yang tertib akan selalu menciptakan proses pembelajaran yang baik. Sebaliknya, pada sekolah yang tidak tertib kondisinya akan jauh berbeda. Pelanggaran-pelanggaran yang terjadi sudah dianggap barang biasa dan untuk memperbaiki keadaan yang demikian tidaklah mudah. Hal ini diperlukan kerja keras dari berbagai pihak untuk mengubahnya, sehingga berbagai jenis pelanggaran terhadap disiplin dan tata tertib sekolah tersebut perlu dicegah dan ditangkal.
3.2 Saran
                        Dari penjelasan tentang kedisiplinan siswa di SMP Negeri 20 Malang, penulis memberikan  saran kepada beberapa pihak, antara lain :
  1. Sekolah

    • Seharusnya pihak sekolah bisa lebih meningkatkan kedisiplinan yang ada di sekolah supaya para siswa tidak melanggar lagi tata tertib yang sudah diterapkan oleh sekolah.
    • Seharusnya pihak sekolah menindak tegas kepada siswa yang melanggar tata tertib.
  1. Guru Pembimbing ( Guru Tata Tertib )
    • Seharusnya guru pembimbing yang ada disekolah bisa lebih meningkatkan ketegasan agar para siswa juga mempunyai rasa takut untuk melanggarnya dan tidak mengulanginya lagi.
    • Menasehati dan menegur siswa yang sangat sering melanggar tata tertib
       3.    Guru Bimbingan Konseling ( BK/BP )
·         Sebaiknya guru BK lebih memperhatikan siswa yang terlalu sering melanggar tata tertib yang sudah diterapkan oleh pihak sekolah, dengan memanggil dan memeproses siswa tersebut, dan ada baiknya diberi sanksi yang dapat membuat siswa tidak mengulangi pelanggaran itu kembali.
Dalam karya tulis ini, sebisa mungkin sebagai penulis memberikan informasi dan keterangan yang semaksimal mungkin, agar penbaca dapat menambah ilmu pengetahuan dari karya tulis ini. Kedisiplinan sendiri pastinya juga perlu dipelajari lagi, karena kedisiplinan awal dari kesuksesan yang akan kita capai.



















DAFTAR RUJUKAN


http://www.blogspot.com       (Diakses pada tanggal 5 januari 2011)
http://www.jevuska.com         (Diakses pada tanggal 5 januari 2011)
http://www.goggle.com          (Diakses pada tanggal 5 januari 2011)
http://www.syopian                (Diakses pada tanggal 6 januari 2011)
http://www.digilib.unes.ac.id (Diakses pada tanggal 6 januari 2011)




















DIAGRAM

1.      Apakah Anda mengerti makna dari kedisiplinan ?

              
         8%     14%
                                  
                              78%             




2.      Apakah kedisiplinan disekolah itu penting ?


         14%  6%

                  80%   




3.      Apakah Anda termasuk anak yang suka melanggar kedisiplinan ?


           20%       20%       
     
                60%




4.      Apakah Anda sudah berusaha untuk menaati kedisiplinan yang ada disekolah?

                        6%
                  18% 

                            76%



5.      Apakah orang tua mempunyai peran dalam kedisiplinan anak disekolah ?


16%
      12%          
                  72%
           



6.      Menurut Anda, apakah pihak sekolah telah mengatasi lunturnya kedisiplinan siswa ?

         24%
                  46%
       30%
           



7.      Apakah Anda mengerti maksud dari lunturnya kedisiplinan siswa ?



      20%         40%
      40%



8.      Apakah orang tua Anda mengetahui jika Anda pernah melanggar tata tertib ?


                        8%
      28%
                  64%
                 









9.      Apakah Anda pernah melanggar salah satu jenis pelanggaran ?


           20%    
        30%        50%




10.  Apakah Anda sudah mempelajari buku tata tertib sekolah Anda?


         22%
       18%         60%




11.  Apakah Anda sudah menjauhi larangan-larangan yang ada di dalam buku tata tertib sekolah?


                       34%
                                  42%
                          24%




12.  Apakah kedisiplinan di sekolah anda sudah cukup ketat?

16%
       16%
                         68%










13.  Apakah kedisiplinan itu perlu ditingkatkan lagi?

  4%
        6%

                    70%



14.  Apakah Anda mengetahui cara mengatasi lunturnya kedisiplinan siswa disekolah?
      

             30%          28%

                        42%



15.  Apakah Anda mengetahui penyebab lunturnya kedisiplinan siswa SMPN 20 ?


       26%            34%

40%


16.  Apakah lunturnya kedisiplinan siswa dapat menghambat prestasi siswa ?

          12%
       18%
                      70%




17.  Apakah kedisiplinan siswa di sekolah juga dapat diterapkan di lingkungan lain ?


        36%      32%
 32%






18.  Apakah Anda mengetahui jenis-jenis pelanggaran yang ada di sekolah Anda ?

12%
       10%
                    70%
 



19.  Apakah bila Anda menaati peraturan kedisiplinan yang sudah ada,Anda merasa lebih baik ?


20%
       22%
                        58%




20.  Apakah Anda sudah mengetahui sangksi untuk pelanggaran yang telah diperbuat ?
     14%    16% 
        14                        70%








ANGKET

  1. Apakah Anda mengerti makna dari kedisiplinan ?
A.ya                b.tidak             c. Ragu-ragu
  1. Apakah kedisiplinan disekolah itu penting ?
a.ya                  b.Tidak                        c.Ragu-ragu
  1. Apakah Anda termasuk anak yang suka melanggar kedisiplinan ?
A, ya               b.tidak             c. ragu-ragu
  1. Apakah Anda sudah berusaha untuk menaati kedisiplinan yang ada disekolah?
A,ya                b.tidak             c.ragu-ragu
  1. Apakah orang tua mempunyai peran  dalam kedisiplinan anak sekolah ?
a.ya                  b.tidak             c.ragu-ragu
  1. Menurut Anda, apakah pihak sekolah telah mengatasi lunturnya kedisiplinan siswa ?
A,ya                b.tidak             c.ragu-ragu
  1. Apakah Anda mengerti maksud dari lunturnya kedisiplinan siswa disekolah ?
a.ya                  b.tidak             c.ragu-ragu
  1. Apakah Anda pernah melanggar salah satu jenis  pelanggaran ?
a.ya                  b.,tidak                        c.ragu-ragu
  1. Apakah orang tua Anda mengetahui jika Anda pernah melanggar kedisiplinan?
a.ya                  b.tidak             c.ragu-ragu
  1. Apakah Anda sudah mempelajari  buku tata tertib  sekolah Anda ?
a.ya                  b.tidak             c.ragu-ragu
  1. Apakah  Anda sudah menjauhi larangan-larangan yang ada di dalam buku tata tertib sekolah Anda ?
a.ya                  b.tidak                        c.ragu-ragu
  1. Apakah kedisiplinan disekolah Anda sudah cukup ketat ?
A.ya                b.tidak             c.ragu-ragu
  1. Apakah kediiplinan itu  perlu ditingkatkan lagi ?
a.ya                  b.tidak             c.ragu-ragu
  1. Apakah Anda  mengetahui cara mengatasi lunturnya  kedisiplinan siswa disekolah ?
a.ya                  b. tidak                        c. ragu-ragu
  1. Apakah Anda mengetahui penyebab lunturnya  kedisiplinan siswa SMPN 20 ?
a.ya                  b.tidak             c.ragu-ragu
  1. Apakah lunturnya  kedisiplinan siswa dapat menhambat prestasi siswa ?
a.ya                  b.tidak             c.ragu-ragu
  1. Sebagai siwa,apakah Anda juga  ikut mengurangi lunturnya kedisiplinan ?
a.ya                  b.tidak             c.ragu-ragu
  1. Apakah Anda mengetahui jenis-jenis pelanggaran yang ada di sekolah anda ?
a.ya                  b.tidak             c.ragu-ragu
  1. Apakah Anda juga mengetahui manfaat dari kedisiplinan siswa di sekolah ?
a.ya                  b.tidak             c.ragu-ragu
  1. Apakah Anda sudah mengetahui sanksi-sanksi untuk pelanggaran yang Anda lakukan ?
a.ya                  b.tidak             c.ragu-ragu

FOTO-FOTO PENDUKUNG.


















Pertanyaan Wawancara.
  1. Apakah Anda tahu berbagai faktor penyebab lunturnya kedisiplinan siswa
di SMP Negeri 20 Malang ?
  1. Menurut Anda, apa saja manfaat dari kedisiplinan yang diterapkan di sekolah?
  2. Apa yang menyebabkan siwa sering melanggar kedisiplinan atau tata tertib di sekolah ?
  3. Menurut Anda, pelanggaran apa saja yang sering dilakukan siswa-siswi di sekolah ?
  4. Apa pendapat Anda tentang anak-anak yang sering melanggar tata tertib sekolah ?
  5. Bagaimana upaya Anda, sebagai ketua osis dalam mengatasi siswa-siswi yang sering melanggar tata tertib di sekolah ?
  6. Apakah Anda sendiri pernah melanggar tata tertib sekolah ?











DAFTAR ISI.
HALAMAN JUDUL............................................................................................. i
LEMBAR PENGESAHAN.................................................................................. ii
LEMBAR MOTTO.............................................................................................. iii
KATA PENGANTAR......................................................................................... iv
DAFTAR ISI.......................................................................................................... v
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................... 1
1.1  Latar Belakang.................................................................................................. 1
1.2  Tujuan Pembahasan.......................................................................................... 2
1.3   Ruang Lingkup atau Pembatasan Masalah...................................................... 3
1.4  Rumusan Masalah............................................................................................. 3
1.5  Anggapan Dasar dan Hipotesis........................................................................ 4
BAB II ANALISIS DAN PEMBAHASAN....................................................... 5
2.1 Makna Kedisiplinan.......................................................................................... 5
2.2 Faktor Penyebab Lunturnya Kedisiplinan......................................................... 6
2.3 Cara Mengatasi Lunturnya Kedisiplinan .......................................................... 7
2.4 Upaya Pihak Sekolah untuk Mengatasinya....................................................... 8
2.5  Pendapat tentang Siswa yang Sering melakukan Pelanggaran......................... 8
2.6 Mengetahui Manfaat Adanya Kedisiplinan di SMP Negeri 20 Malang............ 9
BAB III PENUTUP............................................................................................. 10
3.1 Simpulan.......................................................................................................... 10
3.2 Saran................................................................................................................ 11
DAFTAR RUJUKAN......................................................................................... 12
LAMPIRAN......................................................................................................... 14
1.      Hasil Angket dan Diagram.............................................................................. 14
2.       Pertanyaan Angket........................................................................................ .19
3.      Pertanyaan Wawancara.................................................................................... 23
4.      Gambar / Foto Pendukung............................................................................... 24

2 komentar: